Wednesday 8 May 2019

Drum unit pada Mesin Fotocopy





Fungsi drum unit pada mesin fotocopy adalah untuk alat cetak gambar / tulisan. Drum unit ini merupakan bagian vital pada mesin fotocopy. Kita dapat memperoleh hasil print/ copy bagus atau jelek tergantung dari drum unit ini. Beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada drum unit adalah :

1. Habis masa pakai (Life Time)
Drum unit di setiap merk mesin fotocopy memiliki batas kemampuan / umur pakai (life time). Untuk mesin fotocopy tipe kecil dengan kecepatan copy / print 20 lembar per menit maka drum unit biasanya memiliki umur pakai sekitar 50.000 lembar sampai 80.000 lembar. Umur pakai drum unit ini juga tergantung dari pemakaian. Apabila sering copy / print dengan ukuran kertas A3 maka itu hitungannya 2 kali kertas A4 maka akan lebih cepat habis drum unitnya. Selain itu, bisa sering copy / print gambar / foto juga akan mempengaruhi umur pakai drum unit.


2. Steples
Steples ini adalah yang paling sering menyebabkan rusaknya drum unit. Bila kita sering memfotocopy dengan menggunakan kertas bekas atau kertas yang bersteples maka kadang kita lupa membuang staples bekas tersebut hingga jatuh ke dalam mesin fotocopy. Maka akibatnya steples tersebut akan menggores permukaan drum unit sehingga hasil copy / print akan bergaris. Apabila sudah seperti ini maka harus dilakukan penggantian drum unit.

3. Limbah toner
Apabila limbah toner jarang dibersihkan maka lama-lama akan mengeras dan akhirnya menggores permukaan drum unit. Maka hasil copy / ptin akan kotor atau bergaris. Oleh karena itu, sebaiknya limbah toner dibuang secara periodik atau setiap bulan. 

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada drum unit mesin fotocopy.

Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Rutinitas membersihkan mesin fotocopy lawas Ricoh MP 2000 Le black white copier

  Rutinitas membersihkan mesin fotocopy lawas Ricoh MP 2000 Le black white copier mesin fotocopy ini memiliki kecepatan 20 lembar per meni...